Akhir pekan lalu, nama Baim Wong menghiasi hampir seluruh media sosial. Kali ini trending-nya Baim Wong bukan karena ia melakukan prank menjadi orang gila dan kemudian membagi-bagikan uang bagi yang membutuhkan, melainkan karena fotonya bersama Presiden Joko Widodo.

Foto Baim bersama Presiden Jokowi serta foto bersama Felix Siaw mendadak menjadi trending bahkan ia mendapat hujatan di media sosial. Saking ramainya, Nikita Mirzani juga ikut berkomentar tentang masalah ini. Sebenarnya ada apa dan bagaimana kronologinya?

1. Bermula dari unggahan ucapan selamat ulang tahun untuk Presiden Joko Widodo

Disindir Nikita Mirzani, Kronologi Baim Wong Sampai Bisa Jadi TrendingInstagram.com/baimwong

Kalau dirunut kembali ke belakang, masalah ini bermula saat Baim Wong mengucapkan selamat ulang tahun kepada Presiden Joko Widodo. Ia mengucapkan selamat ulang tahun lengkap dengan fotonya bersama dengan Presiden Joko Widodo, Ibu Iriana Widodo, dan istrinya, Paula Verhoeven.

“Selamat Ulang Tahun Pak Jokowi!! Presiden terbaik pilihan saya di era sekarang. Humble, nggak sombong, pekerja keras, dan yang terpenting mengenal agama, dan takut sama Allah,” tulis Baim dalam caption-nya.

Mengucapkan selamat ulang tahun dan doa kepada Presiden Jokowi ternyata membuat Baim mendapat banyak kecaman dari warganet terlebih bagi mereka yang selama ini sering mengkritik Jokowi. Bahkan beberapa warganet yang juga sekaligus pendukung Jokowi sampai mengancam akan berhenti berlangganan akun channel YouTube Baim dan memberi tanda unlike di setiap videonya.

Kolom komentarnya pun sampai dimatikan. Kini caption tersebut sudah diganti dengan tulisan, “Selamat ulang tahun Pak Presiden ❤”.

2. Membalas ujaran warganet lewat foto bersama Ustadz Fatih Karim

Disindir Nikita Mirzani, Kronologi Baim Wong Sampai Bisa Jadi TrendingInstagram.com/baimwong

Dua hari setelah mengunggah foto bersama Presiden Joko Widodo, Baim mengunggah foto bersama Ustadz Fatih Karim. Lewat foto tersebut, Baim menulis caption sebagai berikut.

“Ustad @fatihkarim terima kasih kajiannya. Semoga bisa terus konsisten datang untuk kajian buat kita Team Bapau.

Selamat ulang tahun Ustadz Karim. (Padahal Ustadz nggak ulang tahun, pengen nyelametin aja). Saya bangga... Eh nanti dikira politik... Terima kasih atas... Eh nanti dikira politik... Semoga ustadz sabar... Eh nanti dikira politik... Nyelametin ulang tahun yang bener gimana sih?”

Dari caption yang ditulisnya, Baim seolah ingin membalas ujaran warganet yang sudah berkomentar negatif di fotonya bersama Presiden Joko Widodo. Banyak warganet yang menghubung-hubungkan caption ucapan selamat ulang tahun dengan politik.

Bukan dukungan yang diterima seperti yang diharapkannya, Baim malah semakin mendapat hujatan. Banyak yang berkomentar kalau Baim mengunggah foto dengan Ustadz Fatih Karim karena takut kehilangan subscriber-nya.

3. Mengunggah foto kembali bersama Ustadz Fatih Karim dan Ustadz Felix Siauw

Disindir Nikita Mirzani, Kronologi Baim Wong Sampai Bisa Jadi TrendingInstagram.com/baimwong

Belum reda hujatan di kolom komentar fotonya bersama Ustadz Fatih Karim, Baim kembali mengunggah foto bersama Ustadz Felix Siauw. Ia kembali mendapat komentar negatif lantaran Ustadz Felix Siauw diduga merupakan salah satu pegiat organisasi Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Banyak warganet yang kecewa dengan foto dan caption Baim bersama Ustadz Felix Siauw.

4. Disindir keras oleh Nikita Mirzani

Disindir Nikita Mirzani, Kronologi Baim Wong Sampai Bisa Jadi TrendingInstagram.com/nikitamirzanimawardi_17

Tidak hanya mendapat banyak kritik dan komentar dari warganet, Nikita Mirzani juga memberikan sindiran keras, yag ditenggarai ditujukan untuk Baim Wong, melalui unggahan di Instagram Story. Menurut Nikita, sosok yang ia sebutkan adalah penjilat dan pernah memfitnah mantan karyawannya. Nikita bahkan mengancam baru akan berhenti menyindir jika yang bersangkutan bisa meminta maaf kepada mereka yang pernah ia fitnah.

5. #ShameOnYouBaimWong ramai di Twitter

Disindir Nikita Mirzani, Kronologi Baim Wong Sampai Bisa Jadi TrendingTwitter.com

Meski kini unggahan Nikita Mirzani sudah tidak ada lagi di Twitter, namun warganet masih ramai membicarakan komentar Nikita tersebut. Banyak yang kecewa dengan Baim karena dinilai menjilat banyak pihak demi keuntungan pribadi. Bahkan hashtag #ShameOnYouBaimWong sampai ramai di Twitter sebagai bentuk kekecewaan warganet kepada aktor kelahiran 27 April 1981 itu.

Itulah kronologi Baim Wong sampai bisa jadi trending. Mulai dari unggahan di media sosial hingga menuai sindiran dari Nikita Mirzani

Baca Juga: Paula Verhoeven Ingin Rumah Baru, Baim Wong Berburu Rumah Mewah

Baca Juga: Ditaksir Raih Rp7,2 Miliar Per Bulan, Ini Perjalanan Karier Baim Wong

Baca Juga: 10 Penampilan Baim Wong Jadi 'Orang Gila' Bagi-bagi Duit di Jalanan