Hampir setiap perusahaan sepeda membuat sepeda khusus untuk perempuan. Beberapa perusahaan sepeda mendesain bingkai yang menurut perusahaan lebih sesuai dengan pengendara perempuan, sementara yang lain akan memiliki bingkai uniseks.

Bagi desain sepeda perempuan, biasanya memiliki titik kontak (titik ketika pengendara menyentuh sepeda) yang dirancang untuk perempuan, seperti tempat duduk yang dibuat nyaman untuk perempuan.

Karena setiap merek memiliki pendekatan sendiri untuk desain sepeda perempuan, sebenarnya tidak ada ketetapan universal tentang apa yang membuat sepeda menjadi khusus untuk perempuan, nih, Bela. Namun, ada beberapa fitur yang memiliki kesamaan. Sehingga, apa, sih, yang harus diperhatikan ketikan membeli sepeda untuk perempuan?

1. Ukuran

Ingin Aktif Bersepeda, Ini Cara Tepat Memilih Sepeda untuk Perempuanevocycles.co.nz

Jika kamu kesulitan untuk mencari ukuran tinggi sepeda, tanya saja ukuran terkecil untuk sepeda pria. Biasanya, ukuran ini dianggap sebagai sepeda unisex. Namun, ada juga perusahaan sepeda yang menjual sepeda khusus perempuan berukuran S, bagi kamu yang bertubuh mungil. Cara tahu ukurannya? Coba naiki sepeda, lalu pastikan setidaknya kakimu bisa menyentuh tanah—minimal menjinjit.

2. Top tube pendek

Ingin Aktif Bersepeda, Ini Cara Tepat Memilih Sepeda untuk Perempuanbiketowok-tips.com

Desain sebagian besar berlaku untuk sepeda hybrid atau komuter. Mereka memiliki tabung atas yang lebih rendah atau miring, yang memungkinkan ketinggian berdiri yang lebih rendah, sehingga lebih mudah untuk naik dan turun.

3. Fitur suspensi

Ingin Aktif Bersepeda, Ini Cara Tepat Memilih Sepeda untuk Perempuanpexels.com/MAndreaPiacquadio

Jika tujuanmu untuk olahraga ringan, pilih sepeda dengan suspense yang empuk. Per keras hanya akan membuatmu tersiksa ketika melalui jalanan rusak atau bergelombang. Kamu bisa temukan jenis sepeda dengan suspensi empuk di varian sepeda gunung.

4. Tempat duduk

Ingin Aktif Bersepeda, Ini Cara Tepat Memilih Sepeda untuk Perempuancyclingweekly.com

Sepeda perempuan biasanya dilengkapi dengan sadel yang dirancang agar nyaman bagi pengendara perempuan. Satu-satunya cara, kamu harus mencoba sepeda pilihan kamu terlebih dahulu, untuk mengelilingi blok, sehingga kamu bisa merasakan sendiri tingkat kenyamanan tempat duduknya ketika terjadi pergerakan.

5. Jenis sepeda

Ingin Aktif Bersepeda, Ini Cara Tepat Memilih Sepeda untuk Perempuanpexels.com/AndreaPiacquadio

Ada beberapa jenis sepeda sesuai dengan kebutuhan dan aktivitas yang mau kamu lakukan, sehingga pengeluaran untuk membeli sepeda juga lebih cermat.

  • Pilih mountain bike jika kamu memang suka berpetualang dan keluar kota membawa sepedamu. Selain suspensi yang empuk, ban yang siap untuk jalanan bergelombang hingga pengaturan gigi rantai, sepeda jenis ini juga tahan banting.
  • Pilih Hybrid Bike jika tujuanmu untuk olah raga santai di perkotaan dan jalan yang mulus. Apalagi, jenis ini tergolong ringan dan mudah ditenteng—seperti sepeda lipat.
  • Cyclocross, gravel dan adventure bike adalah pilihanmu jika menginginkan olah raga sepeda lebih serius.

6. Sesuai budget

Ingin Aktif Bersepeda, Ini Cara Tepat Memilih Sepeda untuk Perempuanpexels.com/AndreaPiacquadio

Secara umum, semakin kamu memilih sepeda yang lebih ringan, lebih aerodinamis dengan kualitas yang lebih baik atau lebih kuat, maka harganya semakin mahal. Tetapi ingat, ya, Bela, mau sepeda kamu mahal atau murah, tetap saja kamu yang menjadi orang di balik kemudi yang merasakan sensasinya sendiri.

Itulah beberapa cara memilih sepeda untuk perempuan yang benar. Semoga bermanfaat, Bela.

Baca Juga: Seharga 10 Motor, Ini 5 Sepeda Termahal di Dunia

Baca Juga: Lima Jenis Olahraga yang Bisa Kamu Lakukan Walau #DiRumahAja

Baca Juga: 6 Destinasi Wisata untuk Si Pencinta Olahraga Tenis